Jumat, 14 Oktober 2016

// // 5 comments

5 Fakta Susu Kental Manis

5 Fakta Susu Kental Manis
Hai kembali sobat Ramaunik!๐Ÿ˜€ Bagaimana kabar anda? Pasti baikkan? Saya juga baik, sehingga bisa berbagi informasi dengan sahabat.
Di Postingan kali ini kita akan berbagi ilmu mengenai susu kental manis, sudah tahu belum? Kalau susu kental manis sebenarnya bukan susu? Berikut artikel

5 Fakta Susu Kental Manis

Banyak dari sahabat termasuk saya juga sering kali mengonsumsi minuman cair yang dibuat dari susu kental manis, baik dicampur air dingin maupun air panas, kebiasaan ini diberikan turun menurun dari orang tua ke anaknya. Namun ternyata hal ini tidak baik jika dilakukan terus menerus berhari hari mengapa?


1. Kandungan Gula Tinggi



Cek gula darah
Ilustrasi Gula Darah Tinggi


Coba saja sobat bandingkan bagaimana rasa dari susu kental manis dengan susu murni asli. Pasti rasanya sangat manis bukan? Rasa manis ini tentu saja adalah hasil campuran gula yang sangat tinggi kuantitasnya. Maka dari itu susu kental manis tidak cocok jika dikonsumsi oleh anak - anak, karena kandungan Gula yang tinggi bisa menyebabkan tenggorokan berlendir (dahak) pada akhirnya anak akan mengalami batuk - batuk untuk mengeluarkan lendir tersebut, namun bagi sebagian anak sulit untuk mengeluarkan lendir sehingga batuk bisa saja menahun. Selain daripada itu kandungan Gula yang tinggi bagi anak - anak bisa meningkatkan kadar gula dalam darah tentunya, hal ini tentu saja sangat buruk bagi kesehatan mereka, karena anak yang memiliki gula darah tinggi cenderung akan mengalami Obesitas, karena selain gula kandungan lemak di dalam susu kental manis pun terhitung banyak. Sedangkan kebutuhan utama untuk pertumbuhan anak seperti Kalsium, Protein, dan Vitamin sangat sedikit sekali di dalam susu kental manis. Solusi untuk menghindari Obesitas adalah pilihlah susu rendah lemak tapi dengan asupan yang cukup untuk pertumbuhan si kecil. Alasan yang lebih berbahaya lagi adalah gula yang digunakan adalah pemanis buatan, bukan gula murni.


2. Fungsi Sebenarnya Susu Kental Manis



Susu kental Manis
Olahan Pudding dari Susu Kental Manis


Prof Dr Ir Made Astawan MS selaku Anggota Dewan Pakar Persagi (Persatuan Ahli Gizi Indonesia) mengatakan bahwa susu kental manis yang dicairkan menggunakan air untuk diminum, bukanlah susu. Karena susu kental manis diciptakan untuk bahan tambahan olahan makanan seperti martabak dan pudding.
Dari pernyataan itu kita bisa menangkap arti bahwa susu tersebut lazimnya bukanlah minuman susu. Sebaiknya susu digunakan untuk membuat lebih enak bahan olahan makanan seperti yang diucapkan Prof. Dr. Ir. Made Astawan MS. Pasti ibu - ibu di rumah sering membuat agar - agar dengan topping susu atau kue yang ditambah susu, ini baru olahan yang tepat dalam menggunakan susu kental manis. Tapi ingat gunakan secukupnya saja, mengingat kandungan gizinya lebih sedikit daripada lemak dan gula yang dibuat dalam susu kental manis.


3. Tahan Terhadap suhu Tinggi




Sobat sudah tahu sekarang ada teknologi UHT (Ultra High Temperature) dalam pembuatan susu, yang artinya dipanaskan dengan suhu yang sangat tinggi atau hal ini dikenal juga dengan nama Pasteurisasi. Hal ini berfungsi untuk membunuh bakteri yang ada di dalam susu dan memperpanjang usia susu hingga kadaluwarsa, proses ini digunakan dalam pembuatan susu murni.
Sedangkan untuk susu kental manis ini tahan terhadap suhu tinggi, sehingga untuk mengawetkan ditambahkan gula tentunya dengan jumlah banyak agar keawetannya semakin panjang bahkan hingga 6 - 12 Bulan. Gula juga berfungsi untuk melindungi kandungan gizi yang ada di dalam susu kental manis.


4. Ibu Hamil tidak dianjurkan Minum Susu Kental Manis



Susu Kental Manis
Ilustrasi Ibu Hamil


Itu benar sekali kawan, Susu Kental Manis sudah dapat dibayangkan bagaimana jika gula tinggi diminum oleh ibu yang sedang hamil? Tentu saja berbahaya bukan? Lalu bagaimana jika ingin menambah berat badan dari ibu hamil? Kuncinya adalah tambahkan asupan makanan yang baik, terutama yang memiliki kandung protein banyak, vitamin, dan gizi lainnya, yang memang dibutuhkan untuk pertumbuhan sang bayi dan kesehatan ibu. Dokter menganjurkan untuk minum susu ibu hamil bukan susu kental manis. Hal ini tidak baik untuk perkembangan bayi.


5. Susu Kental Manis Bukan Susu



Tinggi gula dan lemak
Susu Kental Manis


Para ahli banyak yang mengatakan bahwa susu kental manis bukanlah susu karena susu kental manis lebih banyak kandungan gula daripada gizinya, susu yang baik haruslah mengandung gizi yang baik pula, seperti Kalsium dan Protein untuk meninggikan dan membangun tubuh menjadi lebih kuat. Seyogyanya susu adalah cairan yang diproduksi oleh kelenjar mamae (kelenjar air susu) termasuk air susu ibu. Jadi, karena susu kental manis tidak dihasilkan dari kelenjar air susu. Maka dapat disimpulkan susu kental manis bukanlah susu.

Begitulah sobat pembahasan di artikel kali ini, semoga dengan adanya artikel ini kesehatan kita bisa terjaga ya, terimakasih sudah membaca artikel

5 Fakta Susu Kental Manis

dan jangan lupa datang kembali ๐Ÿ˜

5 komentar:

  1. mending susu murni ya.. salam pembaca semangat rama!

    BalasHapus
  2. Iya susu murni lebih terjamin gizinya :) terimakasih sudah datang

    BalasHapus
  3. Bagus sekali?:)

    BalasHapus
  4. benar, selain itu kandung gula dalam susu kental manis terhitung sangat banyak

    BalasHapus

Hai Terimakasih sudah ingin mengomentari artikel ini ๐Ÿ˜ segala komentar akan diterbitkan langsung. Silahkan berkunjung kembali.